IT VS USER
by orlando Akbar on Nov.22, 2009, under
Mas,kok sekarang jadi ribet sih?
kata-kata seperti itu sering kita dengar di kalangan perkantoran yang kadang usernya sering rewel.
Sebenarnya siapa sih yang harus mengikuti aturan,IT atau Operational?IT ingin server maupun workstation yang user ( operational ) gunakan aman baik dari tangan-tangan jahil maupun dari serangan virus,dan juga tuntutan dari keamanan sistem dari perusahaan.
Sebagai contoh :
IT ( dalam hal ini server administrator ) memberlakukan password dengan complexity (kompleksitas),maka akan terdengar keluhan dari user "Mas,passwordnya kok susah banget sih? saya mau yang gampang aja,misalnya password saya : 1234". Nah loh, yang seperti ini akan membuat IT berada di posisi yang rumit,di satu sisi menginginkan keamanan sistem dari tuntutan perusahaan,di lain sisi juga menginginkan kemudahan buat si user itu sendiri.
Bisa saja IT memberikan apa yang si user mau,tapi bagaimana dengan tuntutan perusahaan?
contoh lain:
Mas,kok saya nggak bisa buka file ini di server?knapa si A bisa?
Padahal file yang di maksud adalah file yang berisikan data yang tidak boleh semua orang bisa buka/baca.
Knapa sih hal seperti itu bisa ada? sebenarnya hanya masalah edukasi kepada user saja yang diperlukan. Kadang kita sebagai IT,tidak menyadari kalau edukasi terhadap user juga penting.Knapa? karna tanpa adanya edukasi,user tidak akan mengerti knapa user harus begini dan mesti begitu.
Coba,kalau kita kasih tau fungsi password kompleksitas gunanya agar hanya user tersebut yang tau dan agar orang lain yang mungkin punya niat kurang baik mencoba-coba menggunakan akun dan password anda lalu mendelete file misalnya,siapa yang mau di salahkan? Padahal itu juga berguna untuk mentrack apabila ada perubahan.
Buat teman-teman yang berprofesi sebagai IT (IT SUPPORT) ini ada sedikit tips agar user gak rewel :
1. Berikan edukasi kepada user
2. Terangkan dengan sabar dan kata-kata yang user mengerti bila ada trouble,dan hindari menggunakan jargon-jargon ( istilah ),karna tidak semua user mengerti hal-hal seperti itu
3. Apabila user bertanya,beri jawaban secara singkat dan jelas
4. Hindari bersikap arogan kepada user ( nanti user segan klo mau tanya-tanya he he he )
kata-kata seperti itu sering kita dengar di kalangan perkantoran yang kadang usernya sering rewel.
Sebenarnya siapa sih yang harus mengikuti aturan,IT atau Operational?IT ingin server maupun workstation yang user ( operational ) gunakan aman baik dari tangan-tangan jahil maupun dari serangan virus,dan juga tuntutan dari keamanan sistem dari perusahaan.
Sebagai contoh :
IT ( dalam hal ini server administrator ) memberlakukan password dengan complexity (kompleksitas),maka akan terdengar keluhan dari user "Mas,passwordnya kok susah banget sih? saya mau yang gampang aja,misalnya password saya : 1234". Nah loh, yang seperti ini akan membuat IT berada di posisi yang rumit,di satu sisi menginginkan keamanan sistem dari tuntutan perusahaan,di lain sisi juga menginginkan kemudahan buat si user itu sendiri.
Bisa saja IT memberikan apa yang si user mau,tapi bagaimana dengan tuntutan perusahaan?
contoh lain:
Mas,kok saya nggak bisa buka file ini di server?knapa si A bisa?
Padahal file yang di maksud adalah file yang berisikan data yang tidak boleh semua orang bisa buka/baca.
Knapa sih hal seperti itu bisa ada? sebenarnya hanya masalah edukasi kepada user saja yang diperlukan. Kadang kita sebagai IT,tidak menyadari kalau edukasi terhadap user juga penting.Knapa? karna tanpa adanya edukasi,user tidak akan mengerti knapa user harus begini dan mesti begitu.
Coba,kalau kita kasih tau fungsi password kompleksitas gunanya agar hanya user tersebut yang tau dan agar orang lain yang mungkin punya niat kurang baik mencoba-coba menggunakan akun dan password anda lalu mendelete file misalnya,siapa yang mau di salahkan? Padahal itu juga berguna untuk mentrack apabila ada perubahan.
Buat teman-teman yang berprofesi sebagai IT (IT SUPPORT) ini ada sedikit tips agar user gak rewel :
1. Berikan edukasi kepada user
2. Terangkan dengan sabar dan kata-kata yang user mengerti bila ada trouble,dan hindari menggunakan jargon-jargon ( istilah ),karna tidak semua user mengerti hal-hal seperti itu
3. Apabila user bertanya,beri jawaban secara singkat dan jelas
4. Hindari bersikap arogan kepada user ( nanti user segan klo mau tanya-tanya he he he )
Teman
Chat Disini Aja
Saya
- orlando Akbar
- Depok, Jawa Barat, Indonesia
- Kalau tidak bisa menjadi orang pintar maka jadilah orang baik
21 Maret 2011 pukul 07.47
wah....ini juga copas dari blog gw nih...............
waaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa gak terima gw,,,,,,,,,,,,,,,,
OLAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAANNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNN