Demo Blog

About nLite

by orlando Akbar on Nov.22, 2009, under


Apa sih nLite itu? mungkin ada yang sudah tau,atau ada juga yang sudah biasa menggunakan software yang 1 ini. Buat yang belum tau,gak ada salahnya kan dibahas biarpun cuma sekedar tau? Apa funsi dari nLite itu?Mungkin ada kalanya kita pernah di minta install laptop atau bahkan PC atau server yang pada saat kita proses intallasi ternyata windows tidak dapat
menemukan (istilah IT nya detect) harddisk,padahal sudah jelas-jelas harddisk sudah di pasang dan kabel-kabel pendukung sudah terpasang sebagaimana mestinya.
Pasti muncul pertanyaan " kok gak kedetect yah? " malah mungkin orang yang masih "masih baru dalam dunia install-menginstall akan bingung,mungkin juga disangka harddisk
di cap Rusak.( windows XP kebawah,dan windows 2003 tanpa service pack )

Sekarang kita jawab dulu,knapa harddisk tidak ter-detect?Pada dasarnya dalam 1 buah CD installasi windows sudah terdapat driver-driver untuk device yang terdapat pada suatu perangkat komputer,tapi seperti yang kita tau perkembangan teknologi perangkat komputer jauh lebih cepat dari pada teknologi OS ( Operating System ) itu sendiri dengan kata lain,teknologi baru,driver baru, maka dari itu,kadang kita butuh suatu improvisasi sendiri bagaimana mengatasi hal semacam itu.

Disini peran software nLite ini digunakan. Bila kita membeli suatu perangkat baru pasti di sertakan sebuah cd driver agar perangkat tersebut bisa berfungsi.Sebagai contoh : saat menginstallasi 1 buah laptop/notebook keluaran terbaru,kalau kita gunakan windows XP atau varian dibawahnya,bisa dipastikan windows tidak bisa mendeteksi harrdisk yang sudah terpasang ( Ter-utama laptop/notebook dengan chipset intel atau SCSi controller untuk server ) karena di dalam cd windows belum terdapat file driver dari chipset intel tersebut.(kalau kita perhatikan pada saat installasi windows,ada saat w indows me-load file-file driver yang sudah ada di dalamnya).
Bagaimana cara agar windows bisa mendeteksi harddisk tersebut? disinilah kita gunakan software nLite untuk memasukkan file-file driver tersebut kedalam cd installasi windows melalui slipstream ( bukan lewat copy/paste,karena gak akan berhasil ) yang kemudian dibuat bootable kembali.

nLite juga bisa digunakan untuk memasukkan update patch atau service pack - service pack ( misal yang tadinya cd windows xp dengan SP2 di upgrade menjadi windows xp dengan SP3 ),bisa juga dikostumasi agar pada saat installasi kita buat serial number secara otomatis sudah terisi,atau bisa juga dikostumasi sesuai keinginan.
dan hebatnya lagi software ini GRATISSSSSS.........
Salam Kompak IT
2 komentar more...

2 komentar

Posting Komentar

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!